you're reading...
Esai, Intermeso

Oh, Nikmatnya Berkhayal…

Siapa bilang ngayal itu jelek? Berkhayal itu baik, kok. Lagipula, berkhayal membawa nikmat. Gratis pula…

Tiba-tiba saja saya ingin menulis tentang berkhayal, perbuatan yang pernah dilakukan setiap orang. Inspirasi ini muncul ketika semalam saya nongkrong di sebuah warung kopi “gede” bareng kawan-kawan kos saya yang selalu penuh ceria. Mereka ini di mata saya merupakan orang-orang sukses di bidang pekerjaan masing-masing.

Salah satu topik obrolan kawan-kawan saya itu tentang berbagai macam bisnis yang akan mereka lakukan. Salah satu kawan memang saya sudah memiliki bidang bisnis yang sudah berjalan. Seorang lainnya sedang merintis satu bidang usaha. Bisnis-bisnis lain yang diobrolin dengan meriah ya masih dalam wacana, dalam bentuk khayalan.

Khayalan itu mereka nikmati dengan enteng tanpa beban. Saya tahu betul sifat kawan-kawan saya itu. Apa yang mereka khayalkan itu bisa saja tiba-tiba terwujud menjadi bisnis beneran entah besok, lusa, atau kapan saja. Saya malah apresiatif dengan khayalan mereka itu.

Mereka dan orang-orang lain tentu bebas berkhayal. Berkhayal yang dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (2008:689) bermakna melihat sesuatu yang hanya ada di angan-angan atau berbuat sesuatu seperti benar-benar terjadi. Menurut saya berkhayal itu positif dan terkadang harus dilakukan. Mengapa begitu? Orang yang masih mau berkhayal adalah orang yang optimis dan memiliki harapan. Harapan akan angan-angan yang akan dicapai. Asal jangan  berhenti hanya sebatas khayalan. Berkhayal itu memikirkan sesuatu yang belum ada dan ingin dimiliki atau diwujudkan. Ini sedikit berbeda dengan melamun yang memiliki makna memikirkan masa lalu dan bisa berkonotasi negatif.

Apa salahnya kalau seseorang berandai-andai. “Andai aku bisa terbang seperti burung”, kata penemu pesawat terbang. Demikian pula dengan “andai-andai” lain yang dipikirkan orang-orang sukses atau para penemu alat-alat atau apa saja yang kita kenal dalam pelajaran di sekolah. Sebelum mereka dapat menciptakan sesuatu yang sekarang dapat kita manfaatkan, barangkali mereka berkhayal terlebih dahulu; berandai-andai; dan akhirnya berpikir keras bagaimana cara mewujudkan khayalan mereka itu. KHAYALAN DEMIKIAN DAPAT MEMBAWA MANFAAT.

Tidak salah juga orang mengkhayalkan hal-hal yang agak jauh dari jangkauan. Seperti kata Ophie Andarista dalam lagunya, “Andai a… a… aku jadi orang kaya”. Kalau jadi orang kaya kan bisa beli ini-itu; bisa bayar ini-itu. Atau, kata banyak lelaki, “Andai aku bisa jadi pacar Luna Maya”. Hmmmm…. senangnya.🙂 Sah-sah saja orang “bermimpi’ seperti itu. KHAYALAN SEPERTI INI BISA MEMBAWA NIKMAT. Asal jangan kelewatan saja mengkhayalnya. Nanti bisa jadi gila.

Lagipula hal atau pekerjaan apa sih yang dapat dinikmati dengan mudah, kapan saja, di mana saja, dan GRATIS kalau bukan BERKHAYAL.  Tentu saja jangan hanya berkhayal. Setelah kita menghentikan khayalan, harus ada usaha agar tidak hanya mendapatkan kenikmatan semu tetapi benar kenikmatan nyata. Oleh karenanya, JANGAN BERHENTI BERKHAYAL KALAU ANDA MERASA SELALU ADA HARAPAN DALAM HIDUP INI.

About Mochammad

Berpikir dan berkarya sampai tak terbatas masa

Diskusi

4 thoughts on “Oh, Nikmatnya Berkhayal…

  1. mohon ijin saya ikut berkhayal juga di sini🙂
    satu-satunya hiburan saya, berkhayal . . syukur-syukur jika bisa menjadi sebentuk tulisan . .

    inspiratif. trima kasih postingannya . .

    Posted by M. Arief B. Ariefmas | September 23, 2011, 7:38 pm
  2. setuju mas bro!!!…
    co’z gue hobby ngayal apapun mas bro!!!..,hampir semua hal gue ngayalin ,
    cuman ngayal jadi tuhan sama jadi nabi aja,gue ga’ pernah….
    sebelumnya makasih mas mochamad atas kunjungan dan komennya di blog gue yang Sangat Sederhana Sekali, soalnya web gue yang top keren dan beken masih dalam tahap khayalan mas bro….hehe..

    Posted by johnjilidsatu | November 10, 2011, 3:54 am
  3. betul juga… berkhayal memang penting.
    Siapa tahu apa yang kita khayalkan bisa jadi kenyataan, tul gak?

    saya ngakak pas baca
    Asal jangan kelewatan saja mengkhayalnya. Nanti bisa jadi gila. hahahaha

    Posted by christinadesiani | Februari 29, 2012, 6:57 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Warung Blogger

RUMPUN

YANG DITULIS HARI INI

Maret 2009
S S R K J S M
    Apr »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

PERTINGGAL

Klik URL Tertinggi

  • Tak ada

Yang Pernah Mampir

  • 68,891 hits

KLIK SUKA YA…

Twitter

Kuberi Dua Potret

"Selalu Indah" Nuansa Biru
Menuju Madani

Selalu ingin mewujudkan kehidupan yang sakinah,mawadah dan warahmah

jtxman

A fine WordPress.com site

The Daily Post

The Art and Craft of Blogging

E R D Y's W O R D S

catatan-catatan pendek

Arevandriyan

Aku bukan orang pintar, aku bukan orang sempurna..Tapi dibalik ketidaksempurnaaku aku ingin menjadikan diriku seorang yang pintar & sempurna..Apa salahnya bila kita saling berbagi walaupun hanya di dunia maya !!!

Don Charisma

because anything is possible with Charisma

Mujaiyah's Blog

Bacalah dengan Nama Tuhan-Mu yang Maha Agung

Cory Eureikha

Be 100 % For Indonesia

Berbagi Pengetahuan dan Pengalaman

Carilah Ilmu yang banyak dan berguna serta sedekahkanlah ilmu itu

Muzuro's Blog

Just another WordPress.com site

Goedang Ilmoe

Hidup adalah Berkarya

erul9

Smile! You’re at the best WordPress.com site ever

My Cache of Unimportance

A noob's blog, nuff said at this time.....

Kamalinev Inc.

Devoted to Arabic Linguistics

%d blogger menyukai ini: