you're reading...
Intermeso

Keberagaman Itu Lucu…

Indonesia yang terbentuk dari keaneragaman oleh banyak hal yang memang dari “sono”nya beragam memang luar biasa. Orang Indonesia memang luar biasa dan terbiasa dengan keanekagaraman itu. Sungguh aneh bukan kalo di antara kita sampai terlibat konflik? Padahal, banyak hal lucu karena keberagaman itu. Contohnya tiga seketsa di bawah ini…

Apa yang diceritakan dalam sketsa-sketsa ini pernah dialami dua kawan saya dari Mataram, Ewan dan Bahar, ketika mereka kuliah di Pulau Jawa. Ewan ini berasal dari Bima dan Bahar orang Lombok asli. Pengalaman menggelikan dan berkesan sampe sekarang bagi mereka.

ooOoo

Kowe Ora Bali Sisan, Wan?

‘Kamu Nggak Balik Sekalian, Wan?’

Peristiwa ini terjadi di rumah teman Ewan, di Jogja. Waktu itu Ewan dan beberapa kawannya yang kuliah di Universitas Brawijaya, Malang, sedang liburan di Jogja dan menginap di rumah salah satu temannya itu. Ketika beberapa temannya hendak pamit, terjadi dialog antara Ewan dengan ibu temannya yang bikin semua tertawa waktu itu.

“Kowe ora bali sisan, Wan?” tanya si ibu kepada Ewan dalam bahasa Jawa yang artinya kamu nggak balik sekalian, Wan? karena mengira Ewan juga orang  jawa.

“Ndak, Buk, saya Lombok, sebelah timurnya Bali”, jawab Ewan serta merta tanpa sedikit pun mikir jawabannya itu ga nyambung.

Semua temannya yang memang orang  jawa tertawa dan Ewan cuma bisa mlongo. Setelah dijelaskan bahwa si ibu itu bukan nanya asalnya, baru dia ikut tertawa tersipu-sipu. Terang aja, Ewan yang baru satu semester di Malang belum bisa bahasa Jawa dan dia mengira si ibu tadi nanya apakah Ewan berasal dari Bali.

ooOoo

Lawuhe Opo, Mas?

‘Lauknya apa, Mas?’

Ini tentang kisah lucu dan tidak pernah dilupakan teman saya, Bahar, di kampusnya, universitas Diponegoro, Semarang. Ketika baru datang dari Lombok sebagai mahasiswa baru dan belum bisa bahasa Jawa, Bahar dikerjain teman-temannya di kantin Fakultas Sastra. Biasalah, ketika mau makan, ibu kantin nanya dalam bahasa Jawa ke Bahar.

“Lawuhe opo, Mas?” tanya ibu kantin yang maksudnya nanya bahar mau makan pake lauk apa.

“Lawuhe bawuk, Bu”, jawabnya lugu setelah mendapat bisikan “jawaban yang  pas” dari salah seorang temannya yang usil.

Kontan semua yang ada di kantin tertawa.

Si ibu kantin melotot seraya katanya, “Halah, Mas, bukan orang jawa ya, Sampeyan dibohongi” kemudian mengulang pertanyaannya, “Makannya pake lauk apa?”

Sambil makan Bahar berpikir keras apa artinya bawuk karena teman-temannya tidak ada yang mau memberi tahu artinya. Sesampai di kelas, Bahar menanyakan arti kata itu ke teman-teman perempuannya. Lagi-lagi dia ditertawakan. Akhirnya, Bahar hanya bisa tertawa geli setelah tahu sebenarnya apa bawuk itu dalam bahasa Jawa, yakni eufemisme (penghalusan) untuk istilah yang mengacu kepada kemaluan perempuan.

Sekarang teman saya yang namanya Pak Bahar ini kemampuan bahasa Jawanya seperti penutur asli bahkan sering dikira orang jawa.

ooOoo

Sumpah Saya Tidak Lari..

Ini benar-benar pengalaman bibi saya yang asli orang Maluku ketika tingal di Malang mengikuti suaminya tugas di sana. Kejadiannya di pasar ketika dia sedang belanja. Sehabis beli sayur bibi saya kelupaan bawa sayur yang dibeli sudah dibelinya. Ketika lewat lagi di depan kios sayur tadi, tukang sayur memanggil bibi saya.

“Bu.. bu.. wah ibu ini lali (bahasa Indonesia: lupa), kata tukang sayur itu sambil menyodorkan sayuran kepada bibi saya.

Rupanya bibi saya yang tidak bisa bahasa Jawa salah paham.

“Sumpah, lillahi wabillahi saya tidak lari, kata bibi saya berapi-api karena tidak mau dituduh lari dan tidak bayar sayuran.

Kontan semua orang yang ada di sekitar situ tertawa karena kejadian itu.

“O… Ibu ini ndak bisa bahasa Jawa, ya”, kata tukang sayur sambil menyodorkan sayuran yang dipegangnya kepada bibi saya, “Ibu tadi lupa membawa sayur yang sudah dibeli”, lanjutnya.

Lali itu bahasa Indonesianya lupa, Bu”, jelasnya kemudian.

Bibinya saya akhirnya tertawa ketika tahu duduk persoalannya seraya meminta maaf.

ooOoo

Itulah keberagaman. Dua seketsa di atas merupakan contoh dari satu aspek yang membangun keberagaman kita, yaitu perbedaan bahasa. Bisa membuat kita tertawa geli kan? Oleh karenanya, mari kita biasakan diri kita dengan segala hal yang berbeda-beda dalam keberagaman kita. Dengan demikian, kita bisa hidup berdampingan secara damai.

About Mochammad

Berpikir dan berkarya sampai tak terbatas masa

Diskusi

One thought on “Keberagaman Itu Lucu…

  1. wah bagus ya kak blog nya…

    jangan lupa kunjungi blog saya ya kak

    yantysa.wordpress.com

    Posted by yantysa | Maret 17, 2009, 4:34 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Warung Blogger

RUMPUN

YANG DITULIS HARI INI

Maret 2009
S S R K J S M
    Apr »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

PERTINGGAL

Klik URL Tertinggi

  • Tak ada

Yang Pernah Mampir

  • 68,891 hits

KLIK SUKA YA…

Twitter

Kuberi Dua Potret

"Selalu Indah" Nuansa Biru
Menuju Madani

Selalu ingin mewujudkan kehidupan yang sakinah,mawadah dan warahmah

jtxman

A fine WordPress.com site

The Daily Post

The Art and Craft of Blogging

E R D Y's W O R D S

catatan-catatan pendek

Arevandriyan

Aku bukan orang pintar, aku bukan orang sempurna..Tapi dibalik ketidaksempurnaaku aku ingin menjadikan diriku seorang yang pintar & sempurna..Apa salahnya bila kita saling berbagi walaupun hanya di dunia maya !!!

Don Charisma

because anything is possible with Charisma

Mujaiyah's Blog

Bacalah dengan Nama Tuhan-Mu yang Maha Agung

Cory Eureikha

Be 100 % For Indonesia

Berbagi Pengetahuan dan Pengalaman

Carilah Ilmu yang banyak dan berguna serta sedekahkanlah ilmu itu

Muzuro's Blog

Just another WordPress.com site

Goedang Ilmoe

Hidup adalah Berkarya

erul9

Smile! You’re at the best WordPress.com site ever

My Cache of Unimportance

A noob's blog, nuff said at this time.....

Kamalinev Inc.

Devoted to Arabic Linguistics

%d blogger menyukai ini: