you're reading...
Intermeso

Keunikan Penjumlahan Angka dengan Hasil Sepuluh

Ini adalah informasi dari Al-Misri, kawan saya, yang katanya dapat pengetahuan ini dari temannya juga. Mungkin teman Misri juga dapat bahan cerita dari kawan dia juga dan seterusnya dan seterusnya.

🙂

Tahukah Anda (yang sudah tahu boleh meneruskan baca kok) bahwa angka dari 1 hingga 9 jika dijumlahkan dengan hasil 10 memiliki keunikan. Keunikan itu terletak dari huruf awal masing-masing angka yang dijumlahkan itu.

Mari kita mulai dengan penambahan ankga 1 dengan 9 yang hasilnya tentu 10. Mana keunikannya? Tentu itu pertanyaan yang akan muncul. Langkah berikutnya, tuliskan masing-masing angka di atas dengan huruf. 1 menjadi satu dan 9 menjadi sembilan. Hasilnya… masing-masing angka itu diawali dengan huruf S.

Masih belum percaya? Sekarang kita lihat penjumlahan dengan  lain, yaitu 2 tambah 8. Hasil pnjumlahan itu tentu juga menghasilkan angka 10. Kalau angka 2 kita ganti dengan huruf menjadi dua dan 8 menjadi delapan. Apa yang kita dapatkan? Dua angka itu masing-masing juga diawali dengan huruf yang sama, yakni D.

Untuk lebih meyakinkan Anda, tidak ada salahnya kalau kita coba menjumlahkan angka 3 dengan angka 7 yang hasilnya 10 juga. Angka tiga dan angka tujuh sama-sama diawali dengan huruf T.

Unik bukan? Untuk lebih meyakinkan, silakan dicoba sendiri dua penjumlahan dengan hasil 10 selanjutnya.

Apakah ini disengaja atau tidak? Perlu dilakukan pengamatan lebih cermat tentunya. Yang jelas angka-angka dalam bahasa Indonesia itu sebagaimana kata-kata lain dalam kosa kata bahasa Indonesia memiliki sifat arbitrer (manasuka) dan konvensional. Arbitrer artinya semua kata yang kita kenal dalam bahasa Indonesia dibuat secara manasuka. Berarti juga bahwa kata-kata yang dipakai untuk mewakili benda dan sebagainya dibuat dengan tanpa ada aturan tertentu. Benda yang kita duduki dinamakan bangku, kursi, chair, atau dingklik dibuat begitu saja sesuai kesepakatan pemakai bahasa itu. Sesuai kesepakatan inilah yang dimaksud dengan sifat konvensional sebuah bahasa.

Semoga menambah sedikit pengetahuan bagi siapa saja yang sempat membaca tulisan ringan ini.

🙂

Iklan

About Mochammad

Berpikir dan berkarya sampai tak terbatas masa

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Warung Blogger

Language

PERTINGGAL

RUMPUN

YANG DITULIS HARI INI

April 2010
S S R K J S M
« Agu   Jun »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  

YANG GRES

Klik URL Tertinggi

Yang Pernah Mampir

  • 71,876 hits
Follow AHAO's Blog on WordPress.com
%d blogger menyukai ini: