you're reading...
Intermeso

Media Televisi Harus Menyajikan Berita Berimbang

Berapa jam sehari Anda menonton televisi? Pernahkah Anda merasa bosan dengan acara-acara berbagai setasiun televisi yang mengudara di negeri ini? Barangkali Anda akan bertanya, “Kok, bisa nonton televisi bisa menonton televisi yang menjadi media hiburan termurah sampai membosankan?’ Bisa jadi bagi sebagian orang acara-acara televisi kita menjenuhkan. Apa pasal?

-oOo-

Televisi dengan berbagai  acaranya yang ditayangkan memang menjadi salah satu media hiburan keluarga pada jaman sekarang. Media televisi barangkali bahkan menjadi media hiburan satu-satunya karena orang sekarang jarang mendengarkan radio.

Selain menjadi sarana hiburan, acara-acara televisi juga bisa memberi nilai positif. Karena selain berisi acara-acara hiburan, seperti musik atau film, acara televisi bisa berupa pendidikan serta berita dan talk show. Acara-acara yang bersifat edukatif bisa menambah wawasan para pemirsanya akan pengetahuan-pengetahuan ilmiah populer. Acara-acara berita bisa menambah pengetahuan pemirsa tentang peristiwa-peristiwa terkini yang terjadi. Dari acara-acara talk show kita bisa mendapatkan informasi pandangan-pandangan para tokoh masyarakat dan pejabat akan fenomena tertentu.

Tulisan singkat ini akan mengangkat salah satu acara televisi yang hampir setiap jam dapat ditonton jutaan pemirsa di seluruh Indonesia. Sebuah acara favorit yang bernama berita dengan berbagai judul acara dan durasi tayangannya.

Hampir semua stasiun Televisi, baik TVRI maupun televisi-televisi swasta, menyajikan acara berita. Sebuah acara yang seharusnya bisa menambah pengetahuan pemirsa akan peristiwa-peristiwa terkini. Seharusnya pula tayangan berita ini menjadi tayangan yang bernilai positif. Akan tetapi, kalau diperhatikan berita televisi didominasi peristiwa-peristiwa kekerasan dan kriminal, berita politik, bencana alam. Satu lagi yang dominan dalam pemberitaan adalah kisah hidup yang para selebriti tanah air yang cukup membuat kita bertanya cara hidup seperti apa yang mereka jalani. Tayangan seperti ini dikemas dalam acara infotainment yang tergolong berita juga.

Pertanyaan yang muncul adalah apakah kehidupan itu hanya berkisar dengan perkelahian masal, pembunuhan, carut-marut politik, atau kisah termehek-mehek para artis yang kawin cerai. Tentu tidak demikian kan? Hidup itu hanya ada dua warna, hitam dan putih. Hitam mewakili hal-hal buruk atau negatif seperti yang dideskripsikan di atas. Warna hitam kehidupan diwakili oleh kejadian-kejadian perkelahian, pembunuhan, carut-marut perpolitikan, korupsi, dan kisah kehidupan kelabu para artis. Sementara itu, warna putih kehidupan diwarnai dengan prestasi bagus yang dicapai seseorang atau sekelompok orang.

Sayangnya, masyarakat tidak pernah tahu akan warna putih kehidupan itu. Tidak mengetahui karena peristiwa-peristiwa “indah” itu nyaris luput dari pemberitaan. Kalaupun ada tayangan berita tentang sekelompok anak SD sampai SMA meraih prestasi gemilang dalam olimpiade MIPA (matematika dan ilmu pengetahuan alam) dan bahkan sampai mendunia, itu pun hanya sekilas yang berdurasi tidak lebih dari dua menit. Selain pejabat-pejabat yang korupsi, tentu kita juga ingin mengetahui siapa-siapa yang sedang memegang jabatan itu bersih dari tindakan korupsi. Atau, daerah mana di Indonesia ini yang tetap memelihara lingkungannya denga baik dan lestari sebagai penyeimbang berita-berita bencana alam yang menyedihkan. Masih banyak hal baik yang perlu diangakat sebagai materi berita. Bayi-bayi sehat tidak pernah diberitakan sebagai pendamping bayi-bayi dan balita yang mengalami gizi buruk. Tentu masih banyak kisah hitam-putih lainnya dalam kehidupan ini.

Ketidakseimbangan materi berita antara yang bernilai positif dan negatif itu barangkali melulu karena pertimbangan nilai human interest, daya tarik sebuah peristiwa, bagi pemirsa. Tentu salah kalau ada anggapan peristiwa perkelahian masal, pembunuhan dengan cara mutilasih, korupsi, atau peristiwa kawin-cerai para artis memunyai nilai jual tinggi. Peristiwa-peristiwa monumental karena sebuah prestasi seseorang atau sekelompok orang juga mempunyai kadar human interest tinggi.

Peristiwa positif yang diberitakan tentu akan membawa dampak positif bagi masyarakat. Sebaliknya, peristiwa kekerasan dan kriminal akan dapat menimbulkan kengerian atau kekhawatiran akan lingkungan masyarakat. Membuat sesorang akan merasa was-was berada di suatu tempat. Barangkali bahkan sebuah tayangan kejahatan akan dijadikan analog oleh seseorang yang akan melakukan hal serupa.

Jadi, tidak salah kalau ada orang bilang bosan menonton televisi. Nonton sinetron isinya gitu-gitu mulu. Pindah ke tayangan berita, eh, sama saja. Isi beritanya itu-itu mulu, kalau bukan berita kerusuhan, ya berita pembunuhan, atau kisah para politikus berdebat tidak karuan.

Para produser acara berita tentu lebih tahu hal ihwal jurnalisme. Mereka tentu mengetahui kode etik jurnalistik. Mereka juga mengetahui mana berita-berita yang layak disajikan kepada para pemirsanya. Peristiwa-peristiwa yang menarik dapat berupa peristiwa yang menyenangkan dan kejadian yang tidak menyenangkan. Kalau sudah begitu, tentu penyajiannya harus berimbang. Seperti hari ini, misalnya, seharian masyarakat disuguhi dengan berita dari Tanjung Periuk yang mengerikan sekaligus memilukan. Seharusnya, setelah masyarakat terkoyak-koyak emosinya karena berita mengerikan dan menyedihkan, ya kenapa tidak ditayangkan berita-berita yang menyenangkan, misalnya profil seorang pegawai pajak yang jujur dan hidup bersahaja meskipun bekerja di sebuah institusi yang dianggap “wah”.

About Mochammad

Berpikir dan berkarya sampai tak terbatas masa

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Warung Blogger

RUMPUN

YANG DITULIS HARI INI

April 2010
S S R K J S M
« Agu   Jun »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  

PERTINGGAL

Klik URL Tertinggi

  • Tak ada

Yang Pernah Mampir

  • 68,891 hits

KLIK SUKA YA…

Twitter

Kuberi Dua Potret

"Selalu Indah" Nuansa Biru
Menuju Madani

Selalu ingin mewujudkan kehidupan yang sakinah,mawadah dan warahmah

jtxman

A fine WordPress.com site

The Daily Post

The Art and Craft of Blogging

E R D Y's W O R D S

catatan-catatan pendek

Arevandriyan

Aku bukan orang pintar, aku bukan orang sempurna..Tapi dibalik ketidaksempurnaaku aku ingin menjadikan diriku seorang yang pintar & sempurna..Apa salahnya bila kita saling berbagi walaupun hanya di dunia maya !!!

Don Charisma

because anything is possible with Charisma

Mujaiyah's Blog

Bacalah dengan Nama Tuhan-Mu yang Maha Agung

Cory Eureikha

Be 100 % For Indonesia

Berbagi Pengetahuan dan Pengalaman

Carilah Ilmu yang banyak dan berguna serta sedekahkanlah ilmu itu

Muzuro's Blog

Just another WordPress.com site

Goedang Ilmoe

Hidup adalah Berkarya

erul9

Smile! You’re at the best WordPress.com site ever

My Cache of Unimportance

A noob's blog, nuff said at this time.....

Kamalinev Inc.

Devoted to Arabic Linguistics

%d blogger menyukai ini: