you're reading...
Intermeso

BUMN Sepak Bola di Indonesia?

Perhelatan sepak bola paling akbar di bumi ini, Piala Dunia, telah digelar seminggu lebih. Euforianya pun ikut melanda segenap pecinta olah raga ini di Indonesia. Bagaimana tidak? Indonesia mungkin termasuk salah satu negara pecinta sepak bola terbesar di dunia.

-oOo-

Euforia. Itu istilah yang tepat buat apa yang dirasakan para pecinta sepak bola di seluruh dunia dalam waktu kurang lebih sebulan ini, terlebih lagi bagi negara-negara yang tim nasionalnya masuk dalam putaran final pertandingan sepakbola paling bergengsi di dunia ini. Perasaan gembira yang amat sangat ini melanda pula segenap pecinta olah raga “semilyar umat” ini di Indnesia. Negara dengan jumlah penduduk yang menjadi pecinta sepak bola yang mungkin termasuk salah satu terbesar di dunia ini setiap empat tahun hanya mampu merasakan kebanggaan atas prestasi masing-masing negara lain yang menjadi favorit mereka. Euforia atas prestasi tim sepak bola negara-negara lain juga ditumpahkan setiap perhelatan Piala Eropa dan perhelatan-perhelatan antar klub di Eropa atau kebanggaan atas klub-klub di liga-liga Eropa.

Bisa dibayangkan bagaimana euforia atas sepak bola ini semakin dalam seandainya tim nasional Indonesia bisa masuk dalam putaran piala dunia suatu saat. Menjadi juara Asia atau bahkan hanya selingkup negara-negara ASEAN pun harusnya sudah mampu menciptakan euforia akan prestasi sepak bola Indonesia. Dengan minimnya prestasi tim nasional sepak bola kita saja, sambutan masyarakat Indonesia atas perhelatan Piala Dunia ini sudah seperti timnas Indonesia menjadi salah satu negara peserta putaran final sepak bola sedunia ini. Sungguh ironis kalau kebanggaan ratusan juta pecinta sebak bola di Indonesia justru dijatuhkan kepada tim-tim nasional negara lain dan klub-klub bola di Eropa.

Semua pecinta sepak bola di Indonesia mungkin dalam hati kecilnya berharap tim nasional mereka bisa memiliki prestasi tingkat dunia, setidaknya se-Asia. Kapan itu akan terwujud? Prestasi seperti itu tentu bukan cuma khayalan, tetapi sebuah cita-cita yang bisa diwujudkan cepat atau lambat bergantung kepada pengelolaan persepakbolaan di Indonesia.

Barangkali sudah saatnya sistem pengelolaan persepakbolaan di negara kita ini dikaji ulang, dievaluasi, dan ditata kembali. Ketika belum menjadi sebah negara merdeka, tim sepak bola yang berisi orang-orang asli Indonesia saja bisa berprestasi, mengapa pada saat Indonesia sudah menjadi sebuah negara “besar” ini justru kurang prestasi. Tentu ada sesuatu yang “salah” dalam hal ini.

Untuk mendongkrak prestsi sepak bola di Indonesia, langkah pertama tentu menata kembali lembaga yang mengurusi persepakbolaan karena maju-mundurnya sepak bola kita ditentukan bagaimana cara mengurusnya. Apa perlu PSSI yang selama ini menangani seluk-beluk persepakbolaan diubah menjadi sebuah perusahaan?

Kalau boleh berkhayal, seandainya PSSI itu diubah menjadi sebuah “BUMN”. Sebuah badan usaha dengan orientasi keuntungan yang dikelola negara dengan perwakilannya di setiap propinsi yang ada di negeri ini. Dikelola dengan manajemen perusahaan dan segala penghitungan keuntungannya oleh tenaga-tenaga profesional, baik dalam bidang manajemen maupun kepelatihannya. Pengelolaannya tidak hanya terbatas kepada sumberdaya manusia, terutama atlet-atletnya, tetapi termasuk pengelolaan stadion, menjalin kerjasama dengan pihak-pihak sponsor, dan bila perlu memiliki stasiun televisi sendiri yang khusus menyiarkan tayangan olahraga, terutama sepak bola. Dengan begitu, BUMN PSSI akan mendapat keuntungan dari pengelolaan stadion, dana dari sponsor, dan sumber dana dari iklan televisi yang dimilikinya. Imbasnya tentu akan dirasakan oleh atlet-atlet sepakbola karena mendapat penghasilan dari situ dan akhirnya menjadikan sepak bola sebagai profesi yang dapat menjamin kesejahteraan selama hidupnya. Pihak negara pun mendapat keuntungan dari pajak karena sepak bola dikelola dalam bentuk perusahaan yang berorientasi keuntungan. Siapa tahu bisa go public juga.

Seandainya pun ada Sebuah Badan Usaha Milik Negara yang khusus menangani sepak bola, bagusnya pakai nama apa ya? PT SEPAK BOLA INDONESIA, PT JAYA PRESTASI SEPAK BOLA INDONESIA, atau apa? Pletak!!! Ngayal kamu.🙂

Ini tentu hanya sebuah pengandaian yang siapa tahu dapat menjadi inspirasi demi kemajuan persepakbolaan di Indonesia. Kembali lagi berandai-andai, barangkali akan maju persepakbolaan kita andaikan sepak bola dari anak-anak, tim kelompok-kelompok umur, sampai dengan liga Indonesia dikelola dalam bentuk perusahaan modern oleh tenaga-tenaga profesional. Dengan begitu, sepak bola barangkali pula dapat benar-benar dijadikan sebuah profesi yang membanggakan bagi para talenta olahraga sepak bola di Indonesia.

Masak sih di negara yang berpenduduk sebesar ini sangat sulit mencari sekitar dua puluhan atlet sepak bola handal untuk membuat nama Indonesia dikenal di mata dunia? Pasti ada talenta-talenta di seluruh Indonesia ini. Semoga suatu saat rasa kebanggaan dan rasa gembira kita yang amat sangat itu dapat kita tumpahkan kepada tim nasional dan klub-blub sepak bola kita. SEMOGA.

About Mochammad

Berpikir dan berkarya sampai tak terbatas masa

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Warung Blogger

RUMPUN

YANG DITULIS HARI INI

Juni 2010
S S R K J S M
« Apr   Jul »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

PERTINGGAL

Klik URL Tertinggi

  • Tak ada

Yang Pernah Mampir

  • 68,891 hits

KLIK SUKA YA…

Twitter

Kuberi Dua Potret

"Selalu Indah" Nuansa Biru
Menuju Madani

Selalu ingin mewujudkan kehidupan yang sakinah,mawadah dan warahmah

jtxman

A fine WordPress.com site

The Daily Post

The Art and Craft of Blogging

E R D Y's W O R D S

catatan-catatan pendek

Arevandriyan

Aku bukan orang pintar, aku bukan orang sempurna..Tapi dibalik ketidaksempurnaaku aku ingin menjadikan diriku seorang yang pintar & sempurna..Apa salahnya bila kita saling berbagi walaupun hanya di dunia maya !!!

Don Charisma

because anything is possible with Charisma

Mujaiyah's Blog

Bacalah dengan Nama Tuhan-Mu yang Maha Agung

Cory Eureikha

Be 100 % For Indonesia

Berbagi Pengetahuan dan Pengalaman

Carilah Ilmu yang banyak dan berguna serta sedekahkanlah ilmu itu

Muzuro's Blog

Just another WordPress.com site

Goedang Ilmoe

Hidup adalah Berkarya

erul9

Smile! You’re at the best WordPress.com site ever

My Cache of Unimportance

A noob's blog, nuff said at this time.....

Kamalinev Inc.

Devoted to Arabic Linguistics

%d blogger menyukai ini: