you're reading...
Di Balik Gambar Ada Cerita

Jus Alpucet: Sebuah Bentuk Penyimpangan

JUS ALPUCET. Nama salah satu jenis minuman itu kalau ditulis dalam bahasa Inggrisnya akan menjadi seperti ini, Alpucet Juice. Sepintas kata pertama jenis minuman itu mirip kata-kata dalam suatu bahasa asing.

Karena jus berbahan dasar buah-buahan,  wajar muncul pertanyaan alpucet itu buah apa. Nama buah itu sepertinya tidak asing di pendengaran kita kalau dilafalkan, tetapi terkesan aneh. Jangan-jangan dia salah satu jenis buah baru hasil rekayasa genetika, salah satu teknologi yang diterapkan dalam bidang budidaya pertanian. Dari namanya, alpucet, sepertinya dia merupakan persilangan antara buah alpukat dengan duwet (dalam dialek Betawi sama dengan Jamblang), tetapi pasti bukan seperti itu asal-usulnya.

Nama buah yang tertulis di ujung kiri atas teks ini terpampang  dalam daftar menu di sebuah warung makan. Selain alpucet, jus lain yang juga ditawarkan di situ berbahan dasar buah tumat. Wah,  tampaknya kita menemukan nama asing satu buah  lagi, nih. Buah yang disebut berikutnya itu diduga sejenis tomat dan dia memang tomat. :)  Untuk lebih jelasnya, silakan diperhatikan foto daftar menu berikut ini.

Jenis Buah Baru atau Salah Tulis?

Jenis Buah Baru atau Salah Tulis?

Itulah daftar menu yang dimaksud. Daftar itu ditempel di jendela kaca sebuah warung makan. Lokasinya di seberang Lapangan Sepakbola Kukusan, Beji, Depok. Kalau pembaca yang berdomisili di Kota Depok dan sempat melewati tempat itu akan bisa menemukannya dengan mudah karena posisinya di pinggir jalan, di sebelah kiri dari arah perempatan kukusan menuju Kampus UI.

Satu hal yang unik memang. Tetapi, tulisan ini tidak akan membicarakan jus dengan bahan dasar salah dua dari beberapa buah yang ditawarkan di warung makan itu. Tetapi, dalam kiriman kali ini akan dibahas keunikan dalam penulisan daftar menu minuman tersebut.

Keunikan dalam daftar menu minuman itu terlihat dari dua kata yang mewakili jenis buah-buahan sebagai bahan minuman jus yang ditawarkan. Kedua kata itu seperti sudah disinggung-singgung pada paragraf sebelumnya adalah kata alpucet dan tumat. Bagi setiap orang yang notabene adalah penutur bahasa Indonesia akan tahu bahwa kedua kata itu ditulis secara salah. Mengapa? Setiap penutur bahasa Indonesia memiliki pengetahuan bersama bahwa dua buah yang menjadi bahan dasar minuman jus itu seharusnya tidak ditulis seperti itu, tatapi dengan susunan huruf yang lain meskipun ada beberapa huruf saja dari kedua kata itu yang tidak sebagaimana mestinya. Para pemakai bahasa Indonesia mengetahui penulisan yang benar adalah alpukat dan tomat. Dengan demikian, siapa pun (karena belum tentu pemilik warung makan itu) yang menempel daftar menu di kaca jendela itu menyimpang dari pengetahuan bersama akan dunia di luar bahasa.

Sebuah penyimpangan dalam bentuk apa pun lazim diidentikan dengan kesalahan atau kekeliruan. Kesalahan atau kekeliruan itu bisa terjadi karena faktor kesengajaan atau ketidaksengajaan. Kesalahan atau kekeliruan yang disengaja pada umumnya dilakukan karena tujuan tertentu. Kata-kata plesetan yang sering diucapkan pelawak-pelawak Srimulat atau Dagelan Mataram diproduksi untuk menimbulkan efek lucu atau efek humor dalam sebuah pentas komedi, seperti contoh dialog di bawah ini.

A: Wajahmu, kok, putih? Kamu pake badak ya.

B: Badak itu yang di Ujung Kulon. Dia pake becak.

C: Halah, ngawur kabeh (semua). Ini namanya bedak.

Selain untuk efek lucu, tidak jarang orang sengaja melakukan kesalahan untuk tujuan estetika. Dalam hal ini kesalahan atau kekeliruan dilakukan untuk memperindah hasil kreativitasnya.

Sementara itu, apa yang tertulis dalam menu minuman sebagai mana diperlihatkan melalui foto di atas merupakan bentuk kesalahan yang tidak disengaja. Kesalahan itu terjadi karena penulisnya tidak mengetahui bahwa dua kata yang mewakili buah-buahan di atas penulisannya tidak benar. Kesalahan atau kekeliruan yang dimaksud bisa terjadi karena pengaruh bahasa daerah orang yang menuliskannya. Barangkali dalam bahasa daerah mereka sehari-hari pelafalan kata alpukat dan tomat itu kalau dituliskan menjadi alpucet dan tumat hingga menghasilkan tulisan seperti itu.

Kesalahan atau kekeliruan yang tidak disengaja bisa terjadi karena ketidaktahuan orang yang berbuat salah atau keliru itu akan adanya kaidah-kaidah atau aturan-aturan yang berhubungan dengan apa yang dia buat atau perbuat. Bentuk kesalahan atau kekeliruan  seperti ini dapat dicontohkan melalui kesalahan tulis nama buah yang ada dalam foto di atas.

Kepada bentuk kesalahan dan kekeliruan yang disengaja barangkali bisa dimaklumi kalau niatannya baik. Di pihak lain, kita akan menjadi salah apabila mengetahui sebuah kesalahan yang sudah diketahui karena faktor ketidaksengajaan kita biarkan berlarut-larut meskipun tidak jarang menimbulkan rasa geli atau bahkan lucu dan unik. Hal itu berarti kita sudah lalai karena tidak membuat orang lain sadar akan kesalahan dan kekeliruannya. Mungkin saya termasuk orang yang dapat disalahkan itu.🙂

Apa yang sudah dipaparkan di atas tentu dapat diimplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Orang dalam menjalani hidupnya dalam konteks apa pun tidak terluput dari kesalahan atau kekeliruan, baki itu kesalahan yang disengaja maupun kesalahan yang tidak disengaja. Orang yang terlibat suatu masalah, misalnya, berarti dia telah melakukan kesalahan. Barangkali orang itu tidak tahu kesalahan yang menjadi sumber munculnya persoalan dalam hidupnya. Oleh karenanya, seseorang wajib mengingatkan orang lain yang melakukan kesalahan atau kekeliruan yang terutama tidak disengaja karena ketidaktahuannya akan kesalahan yang sudah diperbuat.

Berkaitan dengan itu kiranya dapat dikelompokkan orang yang sudah melakukan sebuah kesalahan. Setidaknya ada beberapa kategori orang yang melakukan kesalahan atau kekeliruan. Kategori-kategori  itu dapat diperinci sebagaimana di bawah ini.

(1) Orang yang tahu bahwa dia berbuat kesalahan atau kekeliruan.

(2) Orang yang tidak tahu bahwa dia telah berbuat kesalahan atau kekeliruan.

(3) Orang yang tahu dia berbuat kesalahan atau kekeliruan, tetapi tidak mau tahu atau tidak peduli dia telah berbuat salah atau keliru.

(4) Orang yang tahu orang lain berbuat salah, tetapi tidak mau memberi tahu.

Kesalahan atau kekeliruan penulisan kata alpukat dan tomat dalam daftar menu yang ada di foto dapat dijadikan sebagai analogi atas banyak kesalahan atau kekeliruan yang pernah atau sedang diperbuat. Semoga apa yang sudah dipaparkan di atas bisa membawa manfaat bagi pembaca. Setidaknya tulisan ini dapat sedikit menambah pengetahuan pembaca bahkan kalau pembaca sudah mengetahuinya, pesan dalam tulisan ini dapat dianggap sebagai wacana pengingat.

About Mochammad

Berpikir dan berkarya sampai tak terbatas masa

Diskusi

18 thoughts on “Jus Alpucet: Sebuah Bentuk Penyimpangan

  1. Judulnya alpucet tp dalemnya bgs ne tntg kesalahan2, gud2, btw emang duwet dan alpukat bs disilangkn?

    *garuk2 kepala*

    Posted by Adi | Juli 4, 2010, 5:26 am
  2. Hadah hadah…. ada ya yang nulis seperti itu??😆

    *ngakak guling2*

    Posted by Asop | Juli 4, 2010, 8:18 am
  3. Walaah pembahasannya jd panjang yak😛

    Posted by edda | Juli 4, 2010, 8:49 am
  4. Saya suka alpukat yang dijus, nah, bilangnya apa nih, hahahaha
    salam kenal ya.

    Posted by kitrose | Juli 4, 2010, 11:52 am
  5. wah pembahasan yang seperti ini nie.. perlu banyak belajar..

    Posted by kanvasmaya | Juli 4, 2010, 3:56 pm
  6. Alpucet itu kalo sakit, jaDi pucet? Hehehe…

    Posted by isnuansa | Juli 4, 2010, 4:53 pm
  7. Oh mama….aku sering banget lewat jalan situ, papasan ma tu warung. tapi kok ndak perhatian ma tulisan itu ya…hebat Jo, mata pena-nya ‘tajam’

    Posted by zulkarnain jalil | Juli 4, 2010, 8:58 pm
  8. hehehehe… untung pembelinya tau maksud dari yang dijual. kalo gak kan bisa rugi…
    makasi udah mau mampir….

    Posted by nuri33ok | Juli 4, 2010, 11:40 pm
  9. Ha ha ha…
    Itu mungkin trade mark dari pemilik kios jus Pak… !
    dia ingin memberi nama jus alpokatnya dengan nama alpucet… xixii

    Posted by ahsanfile | Juli 5, 2010, 2:23 am
  10. Alpukat buah yg byk manfaatnya, byk digunakan utk kosmetik…menarik tulisannya.Sekarang sedang dikembangkan suatu sediaan kosmetik yg bisa di gunakan melalui DNA dan RNA tuk skin aging.

    Posted by kasminel | Juli 5, 2010, 9:04 am
  11. benar. dalam setiap detik, terutama dengan suguhan jaringan sosial ditambah sms, terjadi penyimpangan bahasa tanpa kita sadari. aku ingat sering sekali menemukan penyimpangan yang seperti ini. parahnya dianggap biasa, wajar, tak masalah, pada akhirya terbit kamus bahasa baru. makin kaya memang, tapi kita jadi kurang memelihara apa yang ada. detik mampir ke ruangan ini, jadi belajar banyak tentang tata bahasa. makasih Bro…

    http://menjadikosong.wordpress.com

    Posted by Alimah | Juli 5, 2010, 5:30 pm
  12. hahaha… lucu lucu..
    salam kenal aja dari Qi …!!!
    please visit my blog..!!!!!

    Posted by Rizki | Juli 5, 2010, 9:34 pm
  13. hahaha…..
    jadi inget diri sendiri yang sering maen plesetan.
    thanks ya Mas udah berkunjung, dan makasih banyak atas masukannya.

    Salam!

    irfan
    http://kapocong.wordpress.com

    Posted by Irfan | Juli 6, 2010, 4:17 pm
  14. ini disebut humor,🙂 orang indonesia senang dengan humor, makanya hidup mampu berjalan terus walaupun ekonomi macet🙂

    thx dah mampir di gubug saya, salam kenal

    Posted by andi | Juli 9, 2010, 7:08 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Warung Blogger

RUMPUN

YANG DITULIS HARI INI

Juli 2010
S S R K J S M
« Jun   Agu »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

PERTINGGAL

Klik URL Tertinggi

  • Tak ada

Yang Pernah Mampir

  • 68,891 hits

KLIK SUKA YA…

Twitter

Kuberi Dua Potret

"Selalu Indah" Nuansa Biru
Menuju Madani

Selalu ingin mewujudkan kehidupan yang sakinah,mawadah dan warahmah

jtxman

A fine WordPress.com site

The Daily Post

The Art and Craft of Blogging

E R D Y's W O R D S

catatan-catatan pendek

Arevandriyan

Aku bukan orang pintar, aku bukan orang sempurna..Tapi dibalik ketidaksempurnaaku aku ingin menjadikan diriku seorang yang pintar & sempurna..Apa salahnya bila kita saling berbagi walaupun hanya di dunia maya !!!

Don Charisma

because anything is possible with Charisma

Mujaiyah's Blog

Bacalah dengan Nama Tuhan-Mu yang Maha Agung

Cory Eureikha

Be 100 % For Indonesia

Berbagi Pengetahuan dan Pengalaman

Carilah Ilmu yang banyak dan berguna serta sedekahkanlah ilmu itu

Muzuro's Blog

Just another WordPress.com site

Goedang Ilmoe

Hidup adalah Berkarya

erul9

Smile! You’re at the best WordPress.com site ever

My Cache of Unimportance

A noob's blog, nuff said at this time.....

Kamalinev Inc.

Devoted to Arabic Linguistics

%d blogger menyukai ini: