you're reading...
Intermeso

Ups…! Maaf, Salah :)

Hari ini aku punya pengalaman menarik. Ceritanya siang menjelang sore hari ini aku naik kereta listrik (KRL) dari Stasiun UI menuju Stasiun Depok Baru. Sengaja membeli tiket AC Ekonomi karena ingin sekalian ngadem🙂. Begitu keretaku datang, langsunglah aku naik ke dalam gerbong nomor 1 di rangkaian gerbong KRL yang berute Jakarta Kota-Bogor itu. Begitu di dalam gerbong, serta-merta seorang Mbak Satpam buru-buru menghampiri, “Maaf, Bapak, ini gerbong khusus perempuan” , serunya, “Silakan pindah ke gerbong belakang atau di sambungan gerbong”, lanjutnya.

Tanpa pikir panjang dan tidak lupa meminta maaf atas ketidaktahuanku, aku pun berpindah tempat dan sambil berjalan baru aku sadari ternyata satu gerbong semuanya perempuan dengan “dikawal” seorang satpam perempuan. Karena gerbong di belakang penuh, terpaksa aku masih berdiri di ujung gerbong khusus itu bersama dengan beberapa pria yang entah istri masing-masing berada di gerbong itu atau orang “nyasar” sepertiku.

Rupanya belakangan aku dengar bahwa dua gerbong dari KRL itu dikhususkan untuk para perempuan. Dua gerbong khusus itu bernomor “lambung” 1 dan 8. Kebijakan tentang gerbong khusus itu kabarnya sudah berlangsung beberapa lama, tetapi barangkali kurang sosialisasi sehingga banyak pria yang masih “nyasar” (sungguh aku tadi juga tidak tahu; bukannya sengaja ngecengin para penumpang gerbong khusus itu :)) atau para calon penumpang perempuan yang belum tahu hal itu.

Gerbong khusus untuk para penumpang KRL berjenis kelamin perempuan itu merupakan kebijakan yang dikeluarkan PT KAI sehubungan dengan keluhan para perempuan yang mengalami pelecehan seksual oleh lawan jenisnya. Kejadian seperti itu, terutama, terjadi ketika jam-jam sibuk orang pergi-pulang kerja. Sebuah kebijakan yang tentunya sangat bernilai positif.

Dengan begitu para penumpang perempuan mendapat jaminan perlindungan atas perbuatan yang kurang mengenakkan dan cenderung melecehkan kehormatan mereka. Selain itu, barangkali akan terhindar dari perbuatan kejahatan lain, seperti pencopetan, mengingat para perempuan biasanya lebih banyak membawa barang berharga daripada pria ketika bepergian. Sudah barang tentu tidak timbul pelecehan dan tindakan kriminal dengan pelaku lain. Maksudnya pelecehan seksual dan pencopetan yang dilakukan oleh sesama perempuan. Tahu kan maksudnya🙂.

Bravo… KAI!!! Sebuah kebijakan yang patut didukung keberlangsungannya. Hadirnya Satpam perempuan untuk mengawal gerbong itu pun sangat berguna, terutama untuk mengingatkan penumpang laki-laki yang sengaja atau tidak sengaja masuk gerbong khusus tersebut.

Akan tetapi, ada satu hal yang dilupakan pihak pengelola jasa transportasi umum ini. Apa itu? Tidak semua perempuan yang menumpang KRL itu pergi sendirian. Ada yang dengan suami dan anak-anaknya atau ada yang pergi dengan pacarnya. Bagaimana mereka itu? Tentu mereka juga akan merasa kurang nyaman kalau naik di gerbong terpisah.

Barangkali ada baiknya PT KAI juga membuat kebijakan gerbong khusus untuk pasangan suami-istri dan perempuan-perempuan lajang yang pergi dengan pacar atau teman lelakinya. Jadi, selain ada gerbong khusus perempuan, ada juga gerbong khusus pasangan. Selebihnya tentulah gerbong-gerbong yang dinaiki oleh manusia yang berjenis kelamin pria. Kalau hal ini bisa terlaksana, lengkaplah sudah servis yang diberikan PT KAI. Apalagi kalau gerbong-gerbongnya semakin nyaman dikendarai dan jumlah rangkaian gerbong semakin banyak sehingga kepastian jadwal keberangkatan di masing-masing stasiun dapat ditunggu dengan pasti.

About Mochammad

Berpikir dan berkarya sampai tak terbatas masa

Diskusi

3 thoughts on “Ups…! Maaf, Salah :)

  1. mas………………..

    latar belakang yang gambar gurun ama pohon kaktus di ilangin aja. sakit mata nich bacanya.

    moga tambah sukses
    jabar

    Posted by jabar | Oktober 2, 2010, 4:18 pm

Trackbacks/Pingbacks

  1. Ping-balik: Nazrul Alfiansyah - September 12, 2010

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Warung Blogger

RUMPUN

YANG DITULIS HARI INI

September 2010
S S R K J S M
« Agu   Okt »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

PERTINGGAL

Klik URL Tertinggi

  • Tak ada

Yang Pernah Mampir

  • 68,795 hits

KLIK SUKA YA…

Twitter

Kuberi Dua Potret

Nuansa Biru Kelihatan banget lantainya kotor 😀
Menuju Madani

Selalu ingin mewujudkan kehidupan yang sakinah,mawadah dan warahmah

jtxman

A fine WordPress.com site

The Daily Post

The Art and Craft of Blogging

E R D Y's W O R D S

catatan-catatan pendek

Arevandriyan

Aku bukan orang pintar, aku bukan orang sempurna..Tapi dibalik ketidaksempurnaaku aku ingin menjadikan diriku seorang yang pintar & sempurna..Apa salahnya bila kita saling berbagi walaupun hanya di dunia maya !!!

Don Charisma

because anything is possible with Charisma

Mujaiyah's Blog

Bacalah dengan Nama Tuhan-Mu yang Maha Agung

Cory Eureikha

Be 100 % For Indonesia

Berbagi Pengetahuan dan Pengalaman

Carilah Ilmu yang banyak dan berguna serta sedekahkanlah ilmu itu

Muzuro's Blog

Just another WordPress.com site

Goedang Ilmoe

Hidup adalah Berkarya

erul9

Smile! You’re at the best WordPress.com site ever

My Cache of Unimportance

A noob's blog, nuff said at this time.....

Kamalinev Inc.

Devoted to Arabic Linguistics

%d blogger menyukai ini: