you're reading...
Intermeso

Kaki Terluka; Orangnya Dibunuh

Mohon maaf kalau judul tulisan kali ini sempat membuat Anda mengira ini berita pembunuhan atau malpraktik. Bukan. Itu hanya kalimat perumpamaan untuk sebuah pernyataan yang bikin telinga jadi panas; bikin hati jadi jengkel (gedeg orang Lombok bilang), dan bahkan bikin pikiran tambah pusing. Betapa tidak? Pernyataan yang bikin kesel semua orang tiga hari ini datangnya dari seorang yang sangat tidak diharapkan untuk berbicara seperti itu karena kapasitasnya. Terlebih lagi, kalimat-kalimat kontroversi itu bukan sekali dua kali diproduksi olehnya. Kalau mau ikutan kesel, boleh banget dilanjutkan membaca.πŸ™‚

Orang yang saya maksudkan sangat tidak diharapkan untuk membuat pernyataan yang bikin kesel itu siapa lagi kalau bukan Ketua DPR RI yang sangat terhormat, Marzuki Ali. Ketua para wakil rakyat (entah rakyat mana yang diwakili) ini memang terkenal dengan tingkah laku dan pernyataan-pernyataannya yang kontroversi. Menurut sumber ini sejak 2009 lalu Marzuki Ali telah beberapa kali bertingkah laku dan membuat pernyataan yang menggegerkan dan menuai protes. Setidaknya ada 14 daftar “kekonyolan” yang dilakukannya.

Dari 14 daftar itu yang paling gres pernyataannya tentang KPK. Doktor lulusan University Putera Malaysia itu pada tanggal 29 Juli 2011 lagi-lagi mengejutkan publik karena mengusulkan KPK dibubarkan dan para koruptor dibebaskan lalu duitnya dikembalikan ke negara. (Usulan seperti ini tentu sangat menggembirakan calon-calon koruptor) Alasan pria kelahiran Palembang ini orang-orang di lembaga yang dibentuk untuk memberantas korupsi yang sudah sangat akut itu tidak “bersih”.

Dapat diduga, pernyataan Marzuki Ali ini menuai kritikan dari berbagai pihak. Seperti yang diberitakan salah satu stasiun televisi semalam (30/07/2011) tak urung tokoh-tokoh nasional pun angkat bicara. Prof. Dr.Syafi’i Maarif, mantan Ketua PP Muhammadiyah dan cendikiawan muslim, mengatakan pernyataan itu sama sekali tidak benar karena orang di Indonesia ini belum semuanya pingsan; masih banyak yang siuman (bersih). Jadi, menurut Buya ini KPK masih bisa diisi oleh orang-orang yang “bersih”. Mantan Wakil Presiden, Jusuf Kalla, juga menyayangkan seorang Ketua DPR membuat pernyataan seperti itu. Menurut putra Sulawesi ini kalau alasannya karena beberapa orang di KPK tidak “bersih” kemudian lembaga itu dibubarkan, hal serupa juga bisa diberlakukan kepada lembaga-lembaga negara dan pemerintah yang lain, seperti DPR itu sendiri, Kejaksaan, atau Kepolisian, karena dalam lembaga-lembaga itu juga ada orang-orang yang tidak “bersih”. (Ehm, setuju banget dengan pendapat Pak Kalla).

Dua tokoh nasional favorit di atas masih memberikan tanggapannya secara halus. Lain halnya dua putra Indonesia berikut ini. Seperti yang diliput stasiun televisi swasta itu, pengacara senior Adnan Buyung Nasution memberikan tanggapan dengan keras. Putra Batak yang akrab disapa dengan Bang Buyung ini menyebut kalimat Marzuki Ali sebagai pernyataan yang lancang. Sementara itu, Prof. Dr. J.E. Sahetapy, guru besar Fakultas Hukum Unair, mengatakan pernyataan Ketua DPR itu sebagai “sampah”

Itu baru komentar empat tokoh nasional negeri ini. Belum lagi tanggapan pedas dan kritis jutaan rakyat Indonesia yang sempat membaca atau mendengarkan pernyataan di meda massa. Apa nggak keri (Bahasa Indonesia sama dengan geli) telinga wakil rakyat ini.

Makanya, Pak Marzuki, lain kali kalau mau membuat pernyataan itu dipikir-pikir dulu efek pragmatisnya. Jangan ceplas-ceplos begitu. Kalau ceplas-ceplosnya para komedian OVJ, ya pasti bikin semua orang tertawa. Ceplas-ceplosnya Bapak ini membuat kuping orang jadi panas. Sebagai orang melayu, sepertinya Pak Marzuki Ali ini lupa apa kata pak patah, eh, pepatah, “Lidah itu lebih kejam dari pedang”. Kalau pedang saja bisa membunuh, apalagi lidah. Buktinya? Lidah Bapak membunuh karkater Bapak sendiri. Bos Anda selalu mengatakan media massa melakukan pembunuhan karkater. Dengan pernyataan konyol, Anda malah membunuh karakter sendiri.

Lagipula, pernyataan Marzuki Ali ini lucu dan bikin geli sampai tertawa mengocok perutπŸ˜€. Dibilangnya tidak ada orang yang layak duduk di KPK untuk memberantas korupsi lantas KPK mau dibubarkan.Β Β Ibarat seseorang kakinya terluka Β bukannya diobati,Β tapiΒ malah dibunuh.

Ketua DPR kita itu lupa bahwa jumlah peduduk Indonesia itu 200 juta jiwa lebih dan yang tidak “bersih” itu hanya segelintir orang yang menduduki jabatan di lembaga negara dan pemerintah. Masih buuuuuuanyak yang “bersih”, kok. Semua orang yang menonton tayangan berita semalam tentu setuju dengan pendapat Buya Syafi’i Maarif. Tentang pembubaran KPK, pasti semua setuju denan pernyataan Pak JK. Berkaitan denan pernyataan kontroversi itu, tidak ada yang membantah pernyataan Bang Buyung dan Prof. Dr.Sahetapy.

KPK masih sangat dibutuhkan negara yang digerogoti penyakit kronis yang bernama KORUPSI. Kalau ada sebagian anggota KPK yang “kotor”, bersihkan orang-orang itu. Bukan KPK-nya yang dibubarkan. Ibarat sebuah pohon, hanya sehelai ranting kecil kering, pohon itu ditebang. Atau, kasarnya: KAKI TERLUKA; ORANGNYA DIBUNUH.

Kalau terus-terusan Ketua DPR kita membuat pernyataan konyol dan tidak perlu seperti itu, mari kita koor, menyanyi bersama-sama, “Mau dibawa kemana negera ini…”. (ngutip baris kalimat dalam lagunya Armada)

About Mochammad

Berpikir dan berkarya sampai tak terbatas masa

Diskusi

63 thoughts on “Kaki Terluka; Orangnya Dibunuh

  1. Marzuki Ali kalau buat pernyataan ceplas-ceplos aja, nggak mikirin yang tersakiti karena kata-katanya. Kasihan dulu korban gempa dan tsunami yang dibilang jangan tinggal di pantai kalau takut tsunami.

    Posted by SD | Juli 31, 2011, 4:33 am
  2. orang indonesia yang bersih mungkin krn tidak punya “akses” kali mas, buktinya orang yg punya “akses” suka tergoda untuk melakukan pembajakan

    intinya, aku sedih melihat bangsa ini bangsa kleptokrasi (suka mencuri), pejabatnya suka korupsi, sedang rakyatnya suka membajak (tdk menghargai karya cipta)

    kalau batik diklaim malaysia, rakyat indonesia marah, aneh sekali, suka mencuri tapi tak suka dicuri

    Posted by r10 | Juli 31, 2011, 5:29 am
    • Saya setuju pendapat Buya Syafi’i Maarif, “Belum semua orang Indonesia “pingsan” (kotor); masih banyak yang “siuman” (bersih)”. Itu yang harus dipegang dan tetap optimis.
      Terima kasih apresiasinya ya…πŸ™‚

      Posted by Mochammad | Juli 31, 2011, 12:01 pm
  3. Memang ada yg salah dengan dia & pola pikirnya.

    Posted by Emanuel Setio Dewo | Juli 31, 2011, 7:06 am
  4. Marzuki Ali tuh sama kayak petinju Muhammad Ali. Sama-sama punya mulut buesaaarr…

    Posted by Rosmen Rosmansyah | Juli 31, 2011, 8:38 am
  5. Yang di atas aja begitu, bagaimana yang di bawah ini? Hehe…

    Salam,

    http://ikky21.wordpress.com

    Oh iya, sketsanya bang Mochammad yang di sini: http://piguranyapakuban.deviantart.com/?tab=gallery&id=27634157&offset=0 keren-keren.. ^^

    Posted by Ikky21 | Juli 31, 2011, 12:56 pm
  6. Ketua DPR sekarang? Hm, tamat SD nggak sih?
    Yang pasti memang bikin mangkel. Nggak pernah jadi wong cilik sih. Coba saja ada yang berani nculik, lalu ditaruh di pulau terpencil dan jauh dari alat komunikasi dan hanya diisi wong cilik. Mungkin baru bisa nyadar

    Posted by Zulmasri | Juli 31, 2011, 3:23 pm
    • Hehehehe soal ini tidak ada hubungan dengan pendidikan sepertinya. Orang yang pendidikannya kurang juga banyak yang pandai berkata bijak dan santun.
      Terima kasih sudah memberi apresiasi..πŸ™‚

      Posted by Mochammad | Juli 31, 2011, 5:07 pm
  7. hehehe, sebelum nge-klik ‘read the rest’ udah kebayang kalo bakal ngomongin si MA. Dulu yang pilih dia siapa sih?

    Posted by KKPP | Juli 31, 2011, 5:27 pm
  8. Terkadang saya mikir om Zuki ini mungkin mikir dirinya artis, mencari sensasi biar tenar dan bisa terpilih lagi di pemilu mendatangπŸ™‚
    Btw, saya suka sekali sketsa http://piguranyapakuban.deviantart.com/art/Ketika-Malam-Tiba-193102987; pakai program paint ya, telaten sekali.

    Posted by ujang andaleh | Juli 31, 2011, 8:13 pm
  9. mungkin udah sifatnya seperti itu
    jadi pengen tahu klarifikasinya tentang pernyataan kontroversi yang terakhir

    Posted by sanji0ne | Agustus 1, 2011, 9:16 am
  10. Rasanya kalo denger pernyataan MA Nyessssss ………. pengen banget nimpuk pake telur busuk
    tapi jangan sampe kejadian deh …….
    Mungkin pak MA mau ikut audisi OVJ kali tuh, biar lucu, atau biar adil sekalian semua politisi yang umurnya 45 tahun keatas gak boleh lagi ikut pemilu, biar ilang generasi tua dan dilanjutkan generasi muda
    numpang iklan ya http://www.noviantodwiatmojo.wordpress.com
    hehehehe

    Posted by toonarm | Agustus 1, 2011, 12:58 pm
  11. mungkin karena “Doktornya” jadi harus mengundang kontroversi he he salam .

    Posted by vido0311 | Agustus 1, 2011, 1:51 pm
  12. ya ampun ketua wakil rakyat kita ngomong kaya gitu…wakil rakyat tapi klo ngomong ga mewakili rakyat

    Posted by ok | Agustus 1, 2011, 2:34 pm
  13. hihihi..sempet ngomel soal si bapak satu ini juga di twitter kemaren..hehehehe..
    nice idiom.. ^_^

    salam kembali dari belind..πŸ™‚

    Posted by belindch | Agustus 2, 2011, 5:54 am
  14. aduh…jadi ngakak ne lihat orang politik, wkwwkw…
    kalo nonton di TV OON di acara Jakarta Liars Club, seru itu, para binatang berdebat…

    from: achmad_chabib
    http://cerpencinta1.wordpress.com

    Posted by achmad_chabib | Agustus 2, 2011, 9:33 pm
  15. sakit kepala, leher dipotong…………………analisa dokter jagal…!!

    salam kenalπŸ˜›
    http://centongkaleng.wordpress.com

    Posted by centongkaleng | Agustus 6, 2011, 8:37 pm
  16. Sebagai warga negara, saya tidak lagi mempercayai mereka semua yang berada di pemerintahan termasuk presiden kita yang terhormat, apalagi penegak hukumnya! Semuanya hanya mementingkan perut mereka masing-masing tanpa memperhatikan rakyat kecil! Tikus kok lindungi tikus!πŸ˜€

    Posted by jundullah | Agustus 8, 2011, 3:52 am
  17. mantap postingnya cuy…..

    Posted by robinopriansyah | Agustus 9, 2011, 5:04 pm
  18. Semoga para pemimpin itu cepat tersadar,
    rakyat sudah sangat susah hidupnya, ditambah lagi dengan dagelan politik yang ga jelas.

    Posted by ysalma | Agustus 11, 2011, 9:14 am
  19. Tong kosong nyaring bunyinya
    Si juki ngomomg,ngak ada isinya

    Posted by riez | Agustus 11, 2011, 10:21 am
  20. Kata orang, ini pengalih perhatian kasus Nazaruddin.:mrgreen:

    Posted by Asop | Agustus 11, 2011, 11:45 am
    • Wallahualam, Sop. Pengalihan atau bukan gak pantes keluar dari seorang ketua DPR negeri sebesar ini dan lebih penting lagi ga pantes diucapkan orang yang bergelar Ph.D.
      Btw, makasih dah berkunjung lagi.πŸ™‚

      Posted by Mochammad | Agustus 11, 2011, 12:02 pm
  21. Terima kasih telah mengunjungi blog kami…(http://iwanblog.wordpress.com)

    Posted by iwanblog | Agustus 11, 2011, 12:35 pm
  22. wah blognya bagus nih mas, makasih ya udah mampir,
    semoga ke depannya ada pemimpin yg berjiwa luhur buat gantiin org2 ituπŸ™‚

    Posted by derasbora | Agustus 11, 2011, 12:58 pm
  23. kalau begini kita jadi abu-abu. korupsi diberantas pun tidak bersih. tidak diberantas malah berkembang pesat.

    Posted by river fall 2 | Agustus 12, 2011, 10:02 am
  24. pak, maaf saya tidak bisa komentar galeri anda di devianart habis rumit sih. harus login. haus daftar. aktivasi.

    Posted by river fall 2 | Agustus 12, 2011, 10:04 am
  25. bapak beneran punya prasastibahasa? kok kayak cuma link?

    Posted by river fall 2 | Agustus 12, 2011, 10:05 am
    • Prasastibahasa? Apa masih hidup ya situs itu. Dulu punyaku terus telat bayar sewa domainnya. Pas mau dibayar lagi, katanya dah dibeli orang, padahal waktu cari nama untuk situs bahasa itu, susah karena nama-nama yang siusulkan dah ada yang punya. Sedih ya…😦

      Posted by Mochammad | Agustus 16, 2011, 1:32 am
  26. mantabs postingannya pakdhe…

    jadi ingat bantahan pak MA pas di wawancara… “jangan diambil sepotong-potong pernyataan saya… harus dilihat secara utuh…”
    lah dia sendiri ngelihat kejadian (mungkin) juga sepotong-potong… ngelihat KPK cuma dari oknum saja. secara fungsi institusi ndak dilihat.

    apa mungkin karena sekolah di luar negeri… jadinya ndak pernah ditatar P4 yah???
    apa mungkin diberi penataran yang beda dengan P4… jadinya lebih gampang memaafkan kesalahan orang-orang tertentu.

    yah… cuma pendapat pribadi sih…
    pribadi yang ndak rela lillahi ta ‘ala uang mbayar pajak, hasil jerih payah, digunakan buat mbayari orang yang ternyata ndak berkualitas!!!

    Posted by fandi | Agustus 12, 2011, 2:14 pm
    • Ya begitulah Ketua DPR RI yang terhormat itu. Sering membuat orang terheran-heran dengan pernyataan-pernyataannya.
      Ah, dia kan kuliah di dekat-dekat sini aja luar negerinya. Bisa pulang-pergi kapanpun buat ikut penataran P4.πŸ˜€ Atau mungkin pernah ikut tapi duluuuuuu banget. Jadilnya semua materi penataran P4 dah menguap entah kemana.
      Terima kasih apresiasinya, Bro…πŸ™‚

      Posted by Mochammad | Agustus 16, 2011, 1:36 am
  27. Kalau gak salah, seseorang akan dinilai dari bahasa yang dituturkan!
    Emang dunia politik bisa bikin orang waras jadi gila

    Posted by Irsyah | Agustus 13, 2011, 5:08 am
  28. saya sebenernya nggak terlalu ngerti politik om..
    tapi kalo lagu armada saya hafal tuh..πŸ˜€

    Posted by intan | Agustus 14, 2011, 8:34 pm
  29. Marzuki Ali ngga punya otak…. Dalam arti sebenarnya.

    Posted by Bung Iwan | Agustus 15, 2011, 9:35 pm
  30. Wah, ane jadi ikut2an kesel gan…:D.
    Kunjungi juga blog ane yg satu lagi gan http://priyonoscience.blogspot.com/

    Posted by catatanpriyono | Agustus 16, 2011, 2:54 pm
  31. sungguh tragis..:(

    Posted by nuraeni | September 19, 2011, 11:17 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Warung Blogger

RUMPUN

YANG DITULIS HARI INI

Juli 2011
S S R K J S M
« Mar   Agu »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

PERTINGGAL

Klik URL Tertinggi

  • Tak ada

Yang Pernah Mampir

  • 68,891 hits

KLIK SUKA YA…

Twitter

Kuberi Dua Potret

"Selalu Indah" Nuansa Biru
Menuju Madani

Selalu ingin mewujudkan kehidupan yang sakinah,mawadah dan warahmah

jtxman

A fine WordPress.com site

The Daily Post

The Art and Craft of Blogging

E R D Y's W O R D S

catatan-catatan pendek

Arevandriyan

Aku bukan orang pintar, aku bukan orang sempurna..Tapi dibalik ketidaksempurnaaku aku ingin menjadikan diriku seorang yang pintar & sempurna..Apa salahnya bila kita saling berbagi walaupun hanya di dunia maya !!!

Don Charisma

because anything is possible with Charisma

Mujaiyah's Blog

Bacalah dengan Nama Tuhan-Mu yang Maha Agung

Cory Eureikha

Be 100 % For Indonesia

Berbagi Pengetahuan dan Pengalaman

Carilah Ilmu yang banyak dan berguna serta sedekahkanlah ilmu itu

Muzuro's Blog

Just another WordPress.com site

Goedang Ilmoe

Hidup adalah Berkarya

erul9

Smile! You’re at the best WordPress.com site ever

My Cache of Unimportance

A noob's blog, nuff said at this time.....

Kamalinev Inc.

Devoted to Arabic Linguistics

%d blogger menyukai ini: