you're reading...
Esai, Intermeso

R&B: Rakyat Bangkit

“Mas, besok ikut upacara ndak?”, tanya teman kantorku kemarin. Mendadak sontak kukernyitkan keningku mencoba mengingat-ingat hari yang disebutnya besok itu hari peringatan apa. Tak urung daripada lama-lama mikir, aku balik nanya, “Emang besok hari apa?” Seperti biasa sambil menyoal penyerapan mata pelajaran IPS waktu SD diapun menjawab juga, “Lha, piye toh? Besok kan Harkitnas”. Oiya, tanggal 20 Mei. Itu berarti peringatan Hari Kebangkitan Nasional. Kok, aku bisa lupa ya. Jadi kepikiran soal itu. Setiap tanggal itu dilaksanakan peringatan di seluruh wilayah nusantara ini, tetapi sampai tanggal 20 Mei tahun berikutnya laksana biasa tidak ada hal yang bangkit. Apa yang salah?

Sepertinya memang ada yang tidak sinkron antara kondisi Negara Indonesia saat ini dengan Hari Kebangkitan Nasional yang setiap tahun diperingati. Saat ini rapor bangsa ini masih banyak “angka merah”nya. Masih banyak sekali “pekerjaan rumah” yang harus dituntaskan.

Contoh nyatanya dapat dilihat dalam berita-berita yang ditayangkan televisi-televisi nasional (tentunya tidak termasuk TVRI yang menyiarkan berbagai macam prestasi masyarakat). Setiap hari kita disuguhi stasiun televisi-televisi swasta nasional itu dengan berbagai peristiwa tentang potret kemiskinan yang bisa membuat orang prihatin. Peristiwa-peristiwa perkelahian pelajar atau mahasiswa, antarwarga, dan antarkelompok masyarakat direpetisi terus-menerus yang membuat hati jadi trenyuh. Tidak jarang kita lihat tayangan tentang kisah perilaku dan kinerja anggota dewan yang sangatย  menjengkelkan. Terkadang kita juga dibikin gemes oleh sikap pemerintah yang sangat loyo atas pelecehan yang kita terima dari negara tetangga. Terlebih lagi ketidakberdayaan pemerintah memberantas tindak korupsi sampai sekarang yang sangat membuat rakyat sakit hati. Tentu masih banyak contoh lain yang belum tertulis di sini.

Kalau sampai sekarang bangsa ini masih terpuruk, apa gunanya Hari Kebangkitan Nasional diperingati setiap tahun? Semestinya tanggal 21 Mei sampai tanggal 19 Mei tahun berikutnya kondisi bangsa dan masyarakat Indonesia menjadi lebih baik sampai bertemu tanggal 20 Mei tahun berikutnya. Setelah itu, Kondisinya akan SEMAKIN lebih baik lagi dan seterusnya. Akan tetapi, peringatan Hari Kebangkitan Nasional hanya sebatas upacara dan seremoni belaka beserta berbagai spanduk dan baliho bertuliskan, “Dengan semangat kebangkitan nasional, mari kita tingkatkan ini dan itu…”, yang tersebar di setiap sudut strategis. Slogan-slogan begitu dan sejenisnya yang hanya ucapan manis di bibir saja dan kehadiran spanduk-spanduk dan baliho-balihi demikianย  pun tak sempat dilirik oleh orang-orang yang lalu lalang di depan mereka, apalagi membaca lalu meresapi maknanya.

Peringatan Hari Kebangkitan Nasional akhirnya menjadi TIDAK BERMAKNA dan TIDAK MEMBEKAS di hati segenap bangsa Indonesia (terutama para pemimpin dan pejabat yang berkewajiban membawa negara ini menjadi yang kokoh dan sejahtera). Itu karena peringatan Hari Kebangkitan Nasional semakin jauh dari RUH yang melatarbelakangi pendirian Boedi Utomo yang dijadikan landasan pencanangan Hari Kebangkitan Nasional itu.

Ruh itu adalah satu hati, pikiran, dan tujuan (misi dan visi). Ketika Boedi Utomo didirikan, rakyat merasa sehati karena senasib-sependeritaan, satu pikiran untuk terlepas dari penderitaan, dan satu tujuan bagaimana membebaskan diri dari penderitaan sebagai bangsa yang terjajah. Ruh seperti itu yang tidak dimiliki bangsa ini sekarang. Segenap lapisan bangsa ini tidak pernah mengingatnya.

Tidak ada satu hati, pikiran, dan tujuan untuk melepaskan diri dari keterpurukan itulah penyebab susahnya Indonesia bangkit kembali menjadi negara yang tumbuh dan berkembang dengan pesat. Yang kaya sibuk dengan bagaimana cara menikmati kekayaan dan sibuk dengan paranoid akan kehilangan hartanya. Yang miskin tentu disibukkan dengan penderitaannya. Para pemimpin sibuk dengan bagaimana mempertahankan posisi pada pemilihan pemimpin berikutnya dan yang menjijikkan sibuk menggerogoti kekayaan negara untuk kepentingan pribadi dan keluarganya. Kelompok-kelompok masyarakat sibuk dengan berbagai kegiatan protes atas kebijakan pemimpin mereka dan sibuk bertikai yang bahkan disebabkan oleh hal-hal sepele. Singkat kata, semuanya lupa untuk bersehati, bersepikiran, dan bersetujuan untuk keluar dari segala keterpurukan yang melanda berbagai lapisan kehidupan di negeri ini.

Lalu, apa yang harus kita lakukan? Sekarang semua harus beralih ke aliran R&B. Ya, R&B, rakyat harus bangkit. Bangkit untuk memiliki satu hati, satu pikiran, dan satu tujuan untuk terlepas dari keterpurukan dan penderitaan. Caranya? Mulai hari ini, tanggal 20 Mei 2012, rakyat Indonesia harus meningkatkan iman dan ketakwaan, meningkatkan kualitas diri untuk berkarya, menanamkan rasa solidaritas antarpribadi dan antarkelompok, dan membenci tindakan korupsi yang menyebabkan negeri ini sangat terpuruk. Tanggal 20 Mei 2013, 2014, 2015, dan seterusnya semakin dan semakin bangkit berkarya, bersolidaritas, berhenti merugikan negara dan masyarakat sihingga Indonesia menjadi “Singa” Asia, “Macan” Asia, “Naga” Asia, atau hewan-hewan perumpamaan apa pun yang dahsyat serta diperhitungkan di kancah regional dan internasional.

AYO KITA BERSEHATI, BERSEPIKIRAN, dan BERSETUJUAN untuk BANGKIT dari keterpurukan dan mulai BERKARYA demi diri pribadi, keluarga, masyarakat, dan segenap bangsa ini!!! Mulai saat ini nyanyikan lagu berirama R&B: Rakyat Bangkit.

(Aku pun menidakkan atas pertanyaannya itu. Halah,ย  bukannya dia mendebat atau menceramahiku soal nasionalisme, ternyata malah memfollow apa yang kulakukan. Lumayan dapat pengikut untuk absen dalam upacara hari bersejarah itu. Rupanya dia malas berpanas-panas ria berbaris mengikuti seremoni upacara dan mencari teman untuk itu.)

About Mochammad

Berpikir dan berkarya sampai tak terbatas masa

Diskusi

30 thoughts on “R&B: Rakyat Bangkit

  1. ssangat bermakna

    Posted by iyan2015 | Mei 22, 2012, 6:06 pm
  2. saya memilih di kategori esaiy, siapa tau ada pentahuan di situ. e.. saya melihat terbaru. saya klik saja. terkaid massalah judul dan isin nya membuat saya ketawa pak. karena ketika saya melirik judul tersebut sungguh tindak ada banyangan tentang kebangkitan nasional. memang tidak di pungkiri kalau saya cuek dengan hari yang dulunya kalau mau melihat sedikit sejarah. waaahhh.. gila deh. polimiknya hanya satu. 45an. sungguh menarik… salam kenal pak

    priyo

    Posted by rohansumwidodo | Mei 22, 2012, 7:00 pm
  3. Bagaimana pun, perubahan terbesar baru akan terasa jika dimulai dari individu-individu di unit terkecil negeri ini: keluarga.

    Seringkali kita teralihkan pikirannya, melihat hal-hal besar yang ada di luar sana dan memaksakan untuk berusaha menyelesaikannya dengan kemampuan yang seadanya. Pada dasarnya kita tahu, ada sekian hal yang harus disiapkan untuk bisa mengubah masalah-masalah itu.

    Terima kasih Mas sudah diingatkan. Perjalanan negeri ini memang tidak berakhir di hari ini. Masih banyak pekerjaan rumah yang masih menunggu untuk diselesaikan satu per satu.๐Ÿ˜‰

    Posted by Teguh Puja | Mei 22, 2012, 9:32 pm
  4. salam kenal yah pak !!!

    Posted by musdalifahyasin | Mei 23, 2012, 1:04 pm
  5. nah… kalau sekarang 1 juni hari apa pak???
    jangan dijawab hari jumat yah๐Ÿ™‚๐Ÿ™‚

    hayo… dibuka lagi buku IPS atawa sejarahnya๐Ÿ™‚

    Posted by fandi | Juni 1, 2012, 11:13 am
  6. Salam Kenal Ya Untuk Semuanya..๐Ÿ™‚

    Posted by jaka | Juni 13, 2012, 2:21 pm
  7. Bersama Gorengan dan camilan ane nobatkan agan ini sebagai Penulis.. Heheheh.. Mau?? Mau??๐Ÿ˜›

    Posted by nadiananda | Juni 13, 2012, 3:26 pm
  8. Blognya makin asyik pak, kenapa ndak sesekali posting tentang perjalanan saat mengendarai sepeda gaul ke tempat kerja? kontras dengan “Umar Bakri” pada lagu yang dinyanyikan Iwan Fals.,
    Saya tunggu kisah-kisah berikutnya.,hehehe

    Posted by Muji | Juli 3, 2012, 12:27 am
  9. heheheheโ€ฆ mudah-mudahan ane pertamax!! Wahh ,, kalah cepet dah.. Hihihi..

    Posted by nadiaananda | Juli 13, 2012, 12:31 am
  10. Yang Sepi ini sedang ditemai oleh secangkir Kopi dan Sebatang Rokok.. Namun Ditambah Baca Artikel.. Mancaaapppp..๐Ÿ˜›

    Posted by nadiaananda | Juli 13, 2012, 8:56 am
  11. Penulisannya mengingatkan ane pada kawan ane nun jauh disana..

    Posted by Nadia | Juli 17, 2012, 8:21 am
  12. Nice Informasinya gan,, sangat membantu sekali..๐Ÿ™‚

    Posted by nadiananda | Juli 19, 2012, 8:32 am
  13. Penulisannya mengingatkan ane pada kawan ane nun jauh disana..

    Posted by ratna widiyanti | Juli 22, 2012, 11:13 pm
  14. Bagus artikelnya Pak..

    yang selalu menjadi pertanyaan adl..”Apakah negara ini sudah bener2 bangkit?”

    Posted by Hermawan Pagarintan | September 20, 2012, 1:04 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Warung Blogger

RUMPUN

YANG DITULIS HARI INI

Mei 2012
S S R K J S M
« Mar   Jul »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

PERTINGGAL

Klik URL Tertinggi

  • Tak ada

Yang Pernah Mampir

  • 68,891 hits

KLIK SUKA YA…

Twitter

Kuberi Dua Potret

"Selalu Indah" Nuansa Biru
Menuju Madani

Selalu ingin mewujudkan kehidupan yang sakinah,mawadah dan warahmah

jtxman

A fine WordPress.com site

The Daily Post

The Art and Craft of Blogging

E R D Y's W O R D S

catatan-catatan pendek

Arevandriyan

Aku bukan orang pintar, aku bukan orang sempurna..Tapi dibalik ketidaksempurnaaku aku ingin menjadikan diriku seorang yang pintar & sempurna..Apa salahnya bila kita saling berbagi walaupun hanya di dunia maya !!!

Don Charisma

because anything is possible with Charisma

Mujaiyah's Blog

Bacalah dengan Nama Tuhan-Mu yang Maha Agung

Cory Eureikha

Be 100 % For Indonesia

Berbagi Pengetahuan dan Pengalaman

Carilah Ilmu yang banyak dan berguna serta sedekahkanlah ilmu itu

Muzuro's Blog

Just another WordPress.com site

Goedang Ilmoe

Hidup adalah Berkarya

erul9

Smile! Youโ€™re at the best WordPress.com site ever

My Cache of Unimportance

A noob's blog, nuff said at this time.....

Kamalinev Inc.

Devoted to Arabic Linguistics

%d blogger menyukai ini: