you're reading...
Intermeso, rileks, santai

Tunacinta

Kita barangkali sering mendengar atau mengucapkan kata tunarungu, tunawisma, tunanetra, dan kata-kata lain yang yang diawali dengan bentuk terikat tuna-. Akan tetapi, di antara teman-teman mungkin ada yang baru mengenal kata tunacinta yang memiliki arti ‘tidak memiliki cinta’ alias tidak mempunyai “pasangan cinta”.

Ini memang istilah baru yang saya juga baru mengenalnya ketika mendengarkan lagu “Menanti Cinta”nya Krisdayanti. Lagu ini dipakai sebagai salah satu lagu ilustrasi (original sound track) dalam film Ketika Cinta Bertasbih. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) terbaru (2008) pun kata ini tidak tercantum.

Sebelumnya sudah ada kata yang senada dengan kata tunacinta ini. Kata lajang atau singgel tentu tidak asing di telinga dan lidah kita. Bahkan akhir-akhir ini dalam pergaulan, terutama gaulnya para remaja, sering dipakai istilah jomblo.

Singkat kata, dalam catatan ini tidak akan dibahas seluk-beluk kata-kata di atas. Lebih menarik mengupas soal jomblo yang juga sama dengan tunacinta.

Jomblo? Hmmm… Sepertinya bagi sebagian orang istilah yang mengacu pada “status percintaan” ini bermakna negatif, apalagi bagi yang mengalaminya. Bagi yang baru mendapat predikat jomblo tentu ini menyakitkan. Yang biasanya selalu berdua kini menjadi serba sendiri bagaikan angka 1 kata pedangdut Caca Handika. Bagi yang memang dari kecil sudah menjomblo, “Ah.. itu, mah, biasa aja”. Dan, berikutnya pasti mencari-cari alasan buat pembenaran statusnya itu. “Enak kali, jadi jomblo (baca: bujangan) ke mana-mana ga ada yang nglarang”, katanya lagi.Yah, dangdut lagi deh… Itu kan kata-kata Bang Haji Roma Irama dalam lagu “Bujangan”.

Itulah yang namanya kejombloan. Bisa mendatangkan kesedihan bagi yang sealiran dengan Caca Handika. Bisa mendatangkan kebahagian bagi pengikut Roma Irama. Pun bisa mendatangkan rasa iba di mata para Mak Comblang. “Kamu masih jomblo kan?” kata Mak Comblang. “Udah, sama saudaraku aja”, lanjutnya, “Cakep lho”.

Sekali lagi, itulah istilah jomblo. Bagi sebagian besar orang jomblo itu keadaan yang lazim dialami manusia. Hal yang wajar dan biasa-biasa saja. Tidak demikian dengan kawan-kawan saya di Kukusan, Depok. Jomblo sering menjadi topik menarik untuk bahan ceng-cengan (celaan di antara mereka). Sampai-sampai mereka melahirkan konsep tentang jomblo yang cukup menarik untuk dibagi di sini.

Bagi mereka jomblo itu ada tingkatan-tingakatannya. Ada jomblo karena keadaan. Status jomblo demikian diakibatkan karena putus pacar. Faktor keadaan lebih berperan di sini. Ada jomblo sebagai pilihan. Dalam jenis yang ini, status jomblo yang melekat pada seseorang karena yang bersangkutan memang memilih dan menikmati sebagai jomblo. Terakhir, jomblo karena “kutukan”. Yang ini guyonan kawan-kawan saya untuk seseorang di antara kami yang berumur “30 resah” (30 ke atas), tetapi masih senang sendiri. Tentu saja keadaan aslinya bukan karena dikutuk; lebih tepat berlaku bagi seseorang yang bernasib sial karena tidak punya pasangan sampai sedewasa itu disebabkan bermacam faktor, seperti patah hati atau tidak punya nyali mendekati cewek. Jomblo demikian kawan-kawan saya menyebutnya dengan jodi alias jomblo abadi.

Ini hanya sekedar intermeso. Obrolan yang gak penting sebenarnya, tetapi daripada bengong nunggu maghrib tiba, mendingan ketak-ketik buat catatan. Dan, topik yang muncul ke permukaan kebetulan, kok ya, tentang kejombloan. Ide ini muncul karena pas bengong sambil dengerin “Menanti Cinta”nya KD. Terdengarlah kata tunacinta tadi. Mendengar kata ini jadi teringat kata jomblo karena tunacinta ini merupakan varian jomblo yang dibuat penulis lagu itu dengan pertimbangan estetika.

Yang jelas, mau disebut dengan jomblo atau diperhalus dan diperindah dengan memilih kata tunacinta, berbagi itu lebih indah daripada serba sendiri. Setuju?

(Tulisan ini repro dari catatan saya di akun facebook, http://www.facebook.com/mochammad.asyhar, saya dengan sedikit modifikasi)

About Mochammad

Berpikir dan berkarya sampai tak terbatas masa

Diskusi

15 thoughts on “Tunacinta

  1. setuju gak ya…. tunacinta kedengaran semakin menyedihkan daripada jomblo… jomblo lebih kerennn

    Posted by Tetik Firawati | Maret 18, 2013, 10:57 am
  2. yang terpenting kita berusaha yg terbaik, pasti akan jadi lebih baik semuanya

    Posted by wijayaanita78 | Maret 18, 2013, 9:20 pm
  3. Siapa sih yang termasuk dalam tunacinta???? Berarti sama dengan “galau” forever.

    Posted by cauchymurtopo | Maret 19, 2013, 10:19 am
  4. aset yang paling berharga dalam diri kita adalah karakter kita

    Posted by evakasih | April 27, 2013, 7:31 am
  5. bikin istilahnya pinter..🙂

    Posted by lieshadie | Mei 11, 2013, 11:48 am
  6. wah jadi ada istilah baru lagi nih Tuna Cinta, komentar balik ya ke blog saya myfamilylifestyle.blogspot.com

    Posted by Yogi Marsahala | Juni 25, 2013, 12:27 pm
  7. semua akan lebih baik kalau kita berusaha

    Posted by Linda | Juli 2, 2013, 3:58 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Warung Blogger

RUMPUN

YANG DITULIS HARI INI

Maret 2013
S S R K J S M
« Jan   Agu »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

PERTINGGAL

Klik URL Tertinggi

  • Tak ada

Yang Pernah Mampir

  • 68,891 hits

KLIK SUKA YA…

Twitter

Kuberi Dua Potret

"Selalu Indah" Nuansa Biru
Menuju Madani

Selalu ingin mewujudkan kehidupan yang sakinah,mawadah dan warahmah

jtxman

A fine WordPress.com site

The Daily Post

The Art and Craft of Blogging

E R D Y's W O R D S

catatan-catatan pendek

Arevandriyan

Aku bukan orang pintar, aku bukan orang sempurna..Tapi dibalik ketidaksempurnaaku aku ingin menjadikan diriku seorang yang pintar & sempurna..Apa salahnya bila kita saling berbagi walaupun hanya di dunia maya !!!

Don Charisma

because anything is possible with Charisma

Mujaiyah's Blog

Bacalah dengan Nama Tuhan-Mu yang Maha Agung

Cory Eureikha

Be 100 % For Indonesia

Berbagi Pengetahuan dan Pengalaman

Carilah Ilmu yang banyak dan berguna serta sedekahkanlah ilmu itu

Muzuro's Blog

Just another WordPress.com site

Goedang Ilmoe

Hidup adalah Berkarya

erul9

Smile! You’re at the best WordPress.com site ever

My Cache of Unimportance

A noob's blog, nuff said at this time.....

Kamalinev Inc.

Devoted to Arabic Linguistics

%d blogger menyukai ini: